@phdthesis{UNY16489,
          school = {FIK UNY},
           title = {TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN SEKOLAH NEGERI SE-KBUPATEN BANTUL TERHADAP PENYEBAB KLASIFIKASI DAN JENIS CEDERA SAAT BEROLAHRAGA},
          author = {Agung P. Agung Prasetia},
            year = {2012},
           month = {December},
        abstract = {Pemahaman  guru  tentang penyebab  cedera  diharapkan  mampu  memberikan wawasan untuk nantinya dapat dilakukan tindakan pencegahan yang tepat saat pembelajaran agar tidak terjadi cedera Dengan memahami klasifikasi dan jenis-jenis cedera olahraga diharapkan seorang guru dapat memberikan penilaian yang tepat apabila terjadi cedera pada siswanya sesuai jenis, dan klasifikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah negeri se-Kabupaten Bantul terhadap penyebab, klasifikasi dan jenis cedera olahraga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengambilan datanya  menggunakan  angket.  Populasi dalam  penelitian  ini  adalah seluruh guru pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah  548  responden. Jumlah sampel  yang diambil  216  orang dengan teknik multistage random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment. 55 butir soal dinyatakan valid dengan nilai korelasi ? r tabel 0.374. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus  Alpha Cronbach. Hasil koefisien reliabilitas sebesar 0.727. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah negeri se-Kabupaten Bantul terhadap penyebab, klasifikasi dan jenis cedera saat berolahraga adalah sedang, adapun persentasenya sebagai berikut: 80 orang (37,04 \%) dalam kategori sedang, 68 orang (31,48 \%) dalam kategori kurang, terdapat, 46 orang (21,30 \%) dalam kategori baik, 16 orang (7,41 \%) dalam kategori baik sekali dan   6 orang (2,78 \%) dalam kategori kurang sekali.

Kata kunci: pemahaman, cedera, penyebab klasifikasi dan jenis.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/16489/}
}