@phdthesis{UNY16326, title = {IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM IKLAN PRODUK OBAT DI TELEVISI}, author = {Agung Hariyo Prabowo Juari Rosyamto}, month = {July}, year = {2014}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implikatur percakapan dalam iklan produk obat di televisi dan (2) mendeskripsikan penanda implikatur percakapan yang terdapat pada iklan produk obat di televisi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah percakapan dalam iklan produk obat di televisi edisi Desember 2013-Februari 2014. Objek yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung implikatur percakapan dan penanda implikatur percakapan dalam iklan produk obat di televisi. Sementara itu, instrument utama penelitian ini adalah human instrument, yaitu peneliti sendiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dan rekam. Analisis data yang dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan teknik padan pragmatik. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan pemeriksaan rekan sejawat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, implikatur percakapan yang terdapat dalam iklan produk obat di televisi berupa 1) meyakinkan, 2) membandingkan, 3) menyarankan, dan 4) menyindir. Kedua, Penanda kemunculan implikatur percakapan berupa penyimpangan prinsip kerjasama 1) maksim kuantitas, 2) maksim pelaksanaan, 3) maksim kualitas, 4) maksim relevansi, 5) maksim kuantitas dan maksim pelaksanaan, 6) maksim kuantitas dan maksim relevansi, 7) maksim kuantitas dan maksim kualitas, dan 8) maksim relevansi dan maksim pelaksanaan.}, keywords = {Implikatur percakapan, Penyimpangan prinsip kerjasama}, url = {http://eprints.uny.ac.id/16326/} }