%L UNY16321 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif “Edu- Games Bobby Bola” terhadap kemampuan kognitif (pengenalan angka, huruf dan bentuk) anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.Dengan subjek penelitian siswa umur 4-5 tahun berjumlah 50 anak dari 5 TK yaitu TK Sari Asih 3, TK Santo Yusup, TK ABA Kadisoka, kemudian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Krajan, Teknik analisisdata dalam penelitian ini berupa kuantitatif, Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.Analisis data menggunakan Analisis statistik nonparametrik yaitu uji Tes Tanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positifpermainan edukatif“Edu-Games Bobby Bola”terhadapkemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun.Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan peningkatan hasil prettest dan posttest, diketahui bahwa dalam tahapan awal sebelum diberi perlakuan (treatment) hasil dari posttest lebih tinggi dari hasil prettest. Hasil tersebut terlihat adanya perubahan persentasedengan nilaipretest 66,84%, nilai posttest 86,78% dan perhitungan menggunakan uji T, dengan α = 0,05 diperoleh bahwa T hitung lebih besar dari T tabel yaitu (14,00> 2,001).Kesimpulan penelitian bahwa adanya pengaruh permainan edukatiff “Edu-games Bobby Bola terhadap kemampuan kognitif (pengenalan angka, huruf dan bentuk) anak usia 4-5 tahun. %A Sofian Dwi Ady Putra %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF “EDU-GAMES BOBBY BOLA” TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGENALAN ANGKA, HURUF DAN BENTUK) ANAK USIA 4-5 TAHUN