%L UNY16314 %A Oktafiani Dwi Kurnia %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pendidikan yang ada pada permainan sunda manda terkait dengan kecerdasan interpersonal anak usia sekolah dasar. Kegiatan selama bermain sunda manda diteliti berlandaskan pada komponen-komponen kecerdasan interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah dasar di Desa Nanggulan RW 17. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Mei 2014 sampai dengan Juli 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam permainan sunda manda, anak sudah paham tentang teknik bermain dan pola yang digunakan. Makna pendidikan yang ada kaitannya dengan kecerdasan interpersonal ditemukan ada 2 makna pada anak usia sekolah dasar dalam permainan sunda manda. Makna tersebut diantaranya makna dalam bekerjasama dan makna dalam memecahkan masalah. Kedua makna tersebut ditemukan dari proses tata cara bermain sunda manda. Pemahaman anak pada makna yang terkadung dalam permainan sunda manda kaitannya kecerdasan interpersonal ditunjukkan dari enam komponen kecerdasan interpersonal, yakni memahami perasaan orang lain, berteman, bekerjasama, mempercayai orang lain, mengungkapkan kasih sayang, dan menyelesaikan masalah. Permainan sunda manda dapat membelajarkan kecerdasan interpersonal pada anak usia sekolah dasar. Hal itu dikarenakan melalui permainan sunda manda, anak dapat belajar mengenai sikap memahami perasaan orang lain, berteman, dan bekerjasama. %T PERMAINAN SUNDA MANDA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Studi tentang Makna Permainan Sunda Manda di Kalangan Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Nanggulan Maguwoharjo) %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta