TY - THES A1 - Ramadani Rinda Meika, Rinda PB - Fakultas Ekonomi N2 - PENGARUH KREDIBILITAS DANKEPRIBADIAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP SIKAP PEMIRSA IKLAN (STUDI KASUS PADA IKLAN PELEMBAB L?OREAL PARISDI TELEVISI) Oleh: Rinda Meika Ramadani NIM.06408144007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kredibilitas selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, (2) pengaruh kepribadian selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, dan (3) pengaruh kredibilitas selebriti endorser dan kepribadian selebriti endorser secara bersama-sama terhadap sikap pemirsa iklan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei, dalam penelitian survei, informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa iklan L?oreal Paris di wilayah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif kredibilitas selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,639, nilai t hitung 8,506>1,984; dan nilai signifikansi 0,000<0,05, (2) Terdapat pengaruh positif kepribadian selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,526, nilai t hitung 5,558>1,984; dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, (3) Terdapat pengaruh positif kredibilitas selebriti endorser dan kepribadian selebriti endorser secara bersama-sama terhadap sikap pemirsa iklan Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 6,948>3,09 dan signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan persamaan regresi: Y = 3,012 + 0,639X1 +0,526X2 Kata kunci:Kredibilitas, Kepribadian, Sikap Pemirsa Iklan Y1 - 2013/// UR - http://eprints.uny.ac.id/16306/ AV - public TI - PENGARUH KREDIBILITAS DANKEPRIBADIAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP SIKAP PEMIRSA IKLAN (STUDI KASUS PADA IKLAN PELEMBAB L?OREAL PARISDI TELEVISI) M1 - skripsi ID - UNY16306 ER -