%0 Thesis %9 S1 %A Apri Alvinur, Erwin %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:16304 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “BERBAGAI BENTUK ENERGI DAN PENGGUNAANYA” MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI JETIS, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/16304/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi Berbagai Bentuk Energi dan Penggunaanya yang layak digunakan untuk siswa di kelas IV SD Negeri Jetis, Bantul sebagai salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9) revisi produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan observasi, Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan siswa dianalisis dengan konversi skala lima. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,45 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,35 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata penilaian pada uji pelaksanaan lapangan adalah 4,36 dengan kriteria sangat baik. Sehingga secara keseluruhan produk multimedia pembelajaran mata pelajaran IPA hasil pengembangan dikatakan layak sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA materi Berbagai Bentuk Energi dan Penggunaanya di kelas IV SD Negeri Jetis, Bantul.