@phdthesis{UNY16277, month = {April}, title = {MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIN BILANGAN ASLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD N KALIPUCANG BANTUL}, author = {Rusmania Nia}, school = {PGSD}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/16277/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II SD N Kalipucang, Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart (Suharsimi Arikunto, 2010: 132). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD N KalipucangBantul dengan jumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan non tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan setelah menggunakan media gambar dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan AslipadaSiswa Kelas II SD N KalipucangBantul. Peningkatan kemampuan berhitung ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 42,86\%, akhir siklus I sebesar 64,28\% dan akhir siklus II sebesar 85,71\% mencapai KKM. Sedangkan nilai rata-rata pada pratindakan adalah 65, akhir siklus I 82,14 dan akhir siklus II 83,21 pada rentang skor antara 0 sampai 100. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli, Media Gambar, Siswa Kelas II.} }