TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/16150/ AV - public TI - HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DAN PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KINERJA GURU IPS SMP DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL M1 - skripsi ID - UNY16150 PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Indah, Purnamasari Y1 - 2013/// N2 - Motivasi kerja dan pengalaman mengajar merupakan hal penting yang berhubungan dengan kinerja guru. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pengalaman mengajar dan motivasi kerja dengan kinerja guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian seluruh guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 275 orang. Sampel penelitian guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 51 orang diambil dengan teknik Sampel Gugus Bertahap (Dua atau Lebih)dan Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru IPS SMP Di Kabupaten Gunungkidul, hasil Ry(1,2) 0,628 dan F (15,67>3,19). Sumbangan Relatif (SR%)variabel motivasi kerja sebesar 55,75% dan pengalaman mengajar sebesar 44,25%. Sumbangan Efektif (SE%)kedua variabel sebesar 39,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Motivasi Kerja, Pengalaman Mengajar, Kinerja Guru hitung ER -