TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/16115/ AV - public TI - PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2010/2011 ID - UNY16115 M1 - skripsi PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam A1 - Nuritasari, Yustina Dewi N2 - Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik SMA N 1 Ngaglik tahun ajaran 2010/2011 kelas XI semester II yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan praktikum virtual lab, ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan dan tanpa penerapan praktikum virtual lab. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Rancangan penelitian mengikuti satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik tahun ajaran 2010/2011. Jumlah populasi adalah 92 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi digunakan sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal, data sikap ilmiah sebelum dan sesudah perlakuan, dan data prestasi belajar kimia. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, uji Anakova satu jalur, uji regresi dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia dengan menggunakan praktikum virtual lab, tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol, ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Y1 - 2011/// ER -