@phdthesis{UNY16087, author = {ADITIA KRISTIANINGSIH}, year = {2011}, title = {PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN SYNDICATE GROUP TERHADAP MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010/2011}, school = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam}, url = {http://eprints.uny.ac.id/16087/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara: (1) motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dan Syndicate Group, (2) motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, (3) prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, (4) aktivitas belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 245 siswa dan terbagi dalam 9 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 61 siswa terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas Jigsaw dan kelas Syndicate Group. Pengujian hipotesis menggunakan uji Anakova, uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan harga p = 0,033 (p{\ensuremath{<}}0,050) dan Syndicate Group dengan harga p = 0,019 (p{\ensuremath{<}}0,050), (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group dengan harga p = 0,749 (p{\ensuremath{>}}0,050), (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group dengan harga p = 0,662 (p{\ensuremath{>}}0,050), (4) ada perbedaan aktivitas belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group.} }