TY - THES A1 - Sukma, Wijayanto PB - PGSD Y1 - 2013/12/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada pada siswa kelas V SD Negeri Gandon 01 Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gandon 01 yang berjumlah 22 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis and Taggart. Metode pengumpuan data adalah angket, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Penggunaan penguatan (reinforcement) dapat meningkatkan motivasi siswa. Motivasi siswa terlihat dari antusias, rasa senang, tertarik dalam dalam pembelajaran dan memiliki rasa ingin tahu. Peningkatan motivasi siswa dilihat berdasarkan hasil rata-rata observasi (pengamatan), angket dan wawancara terhadap siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil observasi pada siklus I mencapai 58,47 % dan pada siklus II mencapai 76,37%. Melalui instrument angket mulanya 56, 59 % siswa berada pada katagori baik dan 13,64 % berada pada kategori sangat baik. Pada Siklus dua terjadi peningkatan pada kriteria sangat baik yang tadinya 13,64 % menjadi 59,09 % dan pada kategori baik yang tadinya 56,59 % menjadi 27,27 %. Dari kegiatan wawancara yang dilakukan oleh peneliti, juga terjadi peningkatan pada motivasi siswa. Kata kunci: Keterampilan Penguatan (reinforcement), Motivasi belajar IPS UR - http://eprints.uny.ac.id/16038/ TI - KETERAMPILAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD KELAS V SD NEGERI 1 GANDON KECAMATAN KALORAN, KABUPATEN TEMANGGUNG AV - public M1 - skripsi ID - UNY16038 ER -