%0 Thesis %9 S1 %A Nurwidiyani, Ria %B Pendidikan Kimia %D 2011 %F UNY:16034 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI MAGICAL CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA %U http://eprints.uny.ac.id/16034/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan kimia SMA/MA dan mengetahui kualitas buku pengayaan ditinjau dari komponen kelayakan materi/isi, komponen penyajian, dan komponen kebahasaan (bahasa dan gambar) yang sesuai dengan kriteria standar kualitas buku pengayaan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan prosedural. Pengembangan meliputi lima tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap pengambilan kesimpulan. Buku pengayaan yang disusun berupa ensiklopedi Magical Chemistry yang memuat 13 judul sulap kimia. Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer, satu ahli materi, dan satu ahli media. Produk akhir dinilai oleh 5 orang reviewer yaitu guru kimia SMA/MA dari instansi yang berbeda. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian yang terdiri dari 20 butir penilaian. Masing-masing komponen terdiri dari beberapa sub komponen yang masih terbagi lagi menjadi beberapa butir penilaian. Hasil penilaian oleh reviewer berupa data kuantitatif berbentuk skor selanjutnya diubah menjadi data kualitatif tentang kualitas buku pengayaan berdasarkan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian pengembangan ini berupa ensiklopedi Magical Chemistry. Kualitas ensiklopedi hasil pengembangan ditinjau dari komponen kelayakan materi/isi, penyajian, dan kebahasaan (bahasa dan gambar) termasuk dalam kategori kualitas sangat baik (SB) dengan nilai 4,32 dan persentase kualitas sebesar 86,4%.