TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/16013/ AV - public TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 2 PRABUMULIH TAHUN AJARAN 2013/2014 M1 - skripsi ID - UNY16013 PB - Fakultas Ekonomi A1 - Novirin David, David N2 - ABSTRAK EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 2 PRABUMULIH TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh : David Novirin 10404249002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran group investigation dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada mata pelajaran kewirausahaan, efektivitas metode pembelajaran group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kewirausahaan, perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran group investigation dan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran kewirausahaan, perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran group investigation dan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK PGRI 2 Prabumulih. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan kelas X TKJ 1 untuk kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 untuk kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan paired t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran group investigation efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada mata pelajaran kewirausahaan, kenaikan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 44,20%. Metode pembelajaran group investigation efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kewirausahaan, kenaikan prestasi belajar kewirausahaan sebesar 59,36%. Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran group investigation dan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran group investigation dan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Group Investigaton, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Prestasi Belajar THE EFFECTIVENESS OF THE GROUP INVESTIGATION METHOD IN IMPROVING HIGHER ORDER THINKING SKILLS AND LEARNING ACHIEVEMENT IN THE ENTREPRENEURSHIP SUBJECT STUDENTS GRADE X OF SMK PGRI 2 PRABUMULIH ACAMEDIC YEAR 2013/2014 By David Novirin 10404249002 ABSTRACT The reseacrh aims to find out the effectiveneness of group investigation method in improving students? higher order thinking skills in the entrepreneurship subject, the effectiveness of group investigation method in improving learning achievement students? in the entrepreneurship subject, the differences of higher order thinking skills of student which use group investigation learning method and those which use conventional learning method in the entrepreneurship subject, the differences of learning achievements of students which use group investigation learning method and those which use conventional learning method in the entrepreneurship subject. The study was a quasi-experimental study with control group pre-test post-test design. The population of the study was students in Grade X SMK PGRI 2 Prabumulih. The sample was selected by purposive sampling technique. The selected classes were Grade X TKJ1 as the control class and Grade X TKJ 2 as the experimental class. The data was collecting technique in this study included test, observations, and documentation. The data was analyzed by paired sample t- test and independent sample t-test. The results of the study were as follows: group investigation learning method is effective in improving students? higher order thinking skills in the entrepreneurship subject. The improvement of students? higher order thinking skills is 44.20%. Group investigation learning method is effective in improving students? learning achievement in the entrepreneurship suject, the improvement of student?s is 59.36%. There was a significant differences in higher order thinking skills of students which used group investigation learning method and those which used conventional learning. There was a significant differences in students? learning achievements which used group investigation learning method and those which used conventional learning. Keywords: group investigation learning method, higher order thinking skills, achievement students? Y1 - 2014/// ER -