%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri 3 Sedayu. Keaktifan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu keaktifan fisik dan keaktifan mental. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian yaitu keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 72% (kriteria tinggi), pada siklus II meningkat menjadi 84% (kriteria sangat tinggi). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 12%. Peningkatan tersebut terjadi karena setelah diadakan tindakan pada siklus II yaitu dengan mengubah kartu index yang digunakan. Jika pada siklus I kartu index digunakan untuk menjelaskan materi baru, maka pada siklus II kartu index digunakan pada akhir kegiatan inti proses pembelajaran atau sebagai konfirmasi. Dengan demikian penggunaan pendekatan active learning tipe index card match dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VA SD Negeri 3 Sedayu. Kata kunci: keaktifan belajar, pendekatan active learning tipe index card match, IPS %D 2013 %T PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 3 SEDAYU %A - Novitasari %I PGSD %L UNY15990