%X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat dan pemodelan pembelajaran Kimia SMA/MA materi koloid dengan pendekatan Inquiry Based Learning (IBL) serta mengetahui kualitas perangkat dan pemodelan pembelajaran. Model pengembangan yang diterapkan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), handout dan media pembelajaran. Kualitas perangkat pembelajaran dinilai oleh lima orang reviewer (pendidik Kimia SMA/MA) dengan mengisi instrumen penilaian. Produk pemodelan pembelajaran yang dikembangkan berupa video dan dinilai oleh dua orang ahli teknologi pembelajaran kimia dengan mengisi instrumen penilaian pemodelan. Hasil penelitian adalah perangkat dan pemodelan pembelajaran Kimia SMA/MA materi koloid dengan pendekatan Inquiry Based Learning (IBL). Berdasarkan penilaian lima orang pendidik Kimia SMA/MA, kualitas RPP, LKPD, handout dan media pembelajaran yang dikembangkan sangat baik dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 52,80; 43,40; 43,20 ; 55,20 dan persentase keidealan masing-masing sebesar 88,00%; 86,80%; 86,40%; 84,92%. Berdasarkan penilaian dua orang ahli teknologi pembelajaran kimia, kualitas pemodelan pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas baik dengan skor rata-rata sebesar 63,50 dan persentase keidealan 79,38%. %A Dwi Indri Kurniasari %L UNY15987 %D 2011 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T Pengembangan Perangkat dan Pemodelan Pembelajaran Kimia SMA/MA Materi Koloid dengan Pendekatan Inquiry Based Learning (IBL