%0 Thesis %9 S1 %A Winda Adi, Hutami %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:15984 %I PGSD %T PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN SISWA KELAS V MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI GIRIPURNO 1 KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/15984/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter Semangat Kebangsaan siswa kelas V menggunakan metode role playing di SD Negeri Giripurno 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pra eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Giripurno 1 yang berjumlah 25 siswa dengan 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter Semangat Kebangsaan siswa kelas V SD Negeri Giripurno 1 mengalami perkembangan setelah diberikan perlakuan berupa metode role playing. Hal itu terbukti dari skor observasi siswa yang cenderung meningkat dari perlakuan pertama hingga perlakuan kedelapan. Skor ratarata angket juga meningkat dari rata- rata angket awal yaitu 35,76 menjadi 45,96 dalam angket akhir yang berarti meningkat sebesar 10,20, sedangkan skor minimal ideal sebesar 15,00 dan skor maksimal ideal sebesar 60,00. Hal tersebut menandakan bahwa nilai karakter Semangat Kebangsaan siswa sudah mulai berkembang. Kata Kunci: Nilai Karakter Semangat Kebangsaan, Metode Role Playing