%0 Thesis %9 S1 %A DEWI, AGUSTINA KARTIKA %A Diana Rahmawati, M.Si., %B Pendidikan Akuntansi %D 2014 %F UNY:15975 %I Fakultas Ekonomi UNY %T PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/15975/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014, 2) mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014, 3) mengetahui Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian kausal komparatif. Penelitian ini menggunakan populasi dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan dengan N=30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji liniearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Locus of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,304; r2x1y = 0,092; thitung = 2,114 > ttabel = 1,678 dan taraf signifikansi 5%. 2) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,427; r2x2y = 0,183; thitung = 3,135 > ttabel = 1,678 dan taraf signifikansi 5%. 3) Locus of Control dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) = 0,480; R2y(1,2) = 0,231; Fhitung = 6,444 > Ftabel = 3,20 dan taraf signifikansi 5%. Locus of Control memberikan sumbangan relatif sebesar 21,8% dan Motivasi Belajar sebesar 78,2%. Sumbangan efektif dari variabel Locus of Control sebesar 5,04% dan Motivasi Belajar sebesar 18,06%. Kata Kunci; Locus of Control, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar