TY - THES Y1 - 2013/08/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status perseptual motorik siswa kelas bawah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem. Belum diketahuinya gangguan perseptual motorik pada siswa SD Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya berupa tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas bawah yang berjumlah 186 siswa, instrumen pengambilan data dengan menggunakan tes motorik, koefisien reliabilitas tes sebesar 0,92. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase status perseptual motorik siswa kelas bawah SD Muhammadiyah Pakem dengan menggunakan 5 kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status perseptual motorik siswa kelas bawah SD Muhammadiyah Pakem berkategori sedang, secara rinci terdapat 12 siswa (6,45%) dalam kategori sangat tinggi, 45 siswa (24,19%) dalam kategori tinggi, 77 siswa (41,40%) dalam kategori sedang, 40 siswa (21,51%) dalam kategori rendah, 12 siswa (6,45%) dalam kategori sangat rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa siswa kelas bawah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem mempunyai kemampuan perseptual motorik yang cukup bagus yang dapat menunjang untuk melakukan segala aktifitas kegiatan penjasorkes dengan baik dan bahkan dapat berprestasi. A1 - Adi, Adi Setiyo Pramono PB - UNY M1 - skripsi ID - UNY15959 TI - STATUS PERSEPTUAL MOTORIK SISWA KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/15959/ ER -