%0 Thesis %9 S1 %A Ari, Parmiyati %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:15953 %I PGSD %T IDENTIFIKASI PENYEBAB RENDAHNYA KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI SALAM 1 KECAMATAN SALAM, MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/15953/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Salam 1, Kecamatan Salam, Magelang 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian Fr, Ft, Rz, Nv, Sy dan Dn siswa kelas V SD Negeri Salam 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipakai adalah peneliti dengan menggunakan pedoman wawancara dan pedoman pengamatan. Validitas hasil penelitian menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil yang diperoleh berupa hasil wawancara, catatan lapangan. dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan keenam siswa kelas V SD Negeri Salam 1 tersebut rendah disiplin yaitu: a) Internal: kurangnya pemahaman disiplin baik dari siswa, siswa yang suka mencari perhatian di kelas, siswa yang suka meniru gaya artis, siswa yang sering diledek oleh siswa lain, b) Eksternal:orangtua yang acuh tak acuh, pola asuh orangtua yang terlalu berlebihan dalam memperhatikan maupun menasehati anak, program pengecekan kebersihan yang tidak berjalan lancar, kurangnya pemahaman disiplin baik dari guru maupun orangtua, guru jarang memberikan penguatan berupa pujian pada diri siswa, guru yang masih suka terlambat, metode pembelajaran dari guru yang kurang bervariatif dan perceraian orangtua yang berdampak pada diri anak. Kata kunci: faktor penyebab, kedisiplinan, SD Negeri Salam 1