TY - THES ID - UNY15931 Y1 - 2014/// TI - HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KINERJA GURU IPS SMP DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Mustani, Rifky Asep AV - public N2 - Keberhasilan tujuan pendidikan dipengaruhi oleh kinerja seorang guru. Pengalaman mengajar memberikan banyak informasi bagi guru untuk melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara pengalaman mengajar dengan kinerja guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian Survey. Populasi dari penelitian ini diambil dari guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 251 orang yang berasal dari 114 sekolah. Teknik pengambilan Sampel menggunakan teknik Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sample), penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang, kemudian diambil 6 orang dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan data dilakukan pada periode waktu bulan Febuari ? Oktober 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji realibitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman mengajar tidak memiliki hubungan positif dengan kinerja guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul. Hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai t hitung untuk variabel hubungan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru sebesar ?0,998. Ini berarti bahwa pengalaman mengajar tidak memiliki hubungan positif (karena t bertanda negatif) terhadap kinerja guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul, selanjutnya hasil analisis korelasi menunjukkan tidak adanya hubungan positif antara pengalaman mengajar dengan kinerja guru, menunjukkan koefisien r hitung sebesar ?0,100, karena bertanda negatif maka hubungan kedua variabel ini bersifat negatif. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/15931/ ER -