%0 Thesis %9 S1 %A KURNIAWAN, NOVA ADYATMA %A Abdullah Taman, M.Si., Ak, %B Pendidikan Akuntansi %D 2014 %F UNY:15920 %I Fakultas Ekonomi UNY %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CATUR AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/15920/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan Catur Akuntansi sebagai media pembelajaran Akuntansi untuk siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Pleret, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Catur Akuntansi untuk siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Pleret berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Akuntansi, dan 3) Mengetahui respon siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Pleret terhadap penggunaan media pembelajaran Catur Akuntansi. Pengembangan catur akuntansi mengikuti model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), dan implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation), namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap implementasi saja dan menghasilkan produk akhir. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi yaitu guru Akuntansi kelas XI SMA. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 26 siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pleret. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian oleh ahli materi yang mendapat nilai rata-rata 4,29 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media yang mendapat nilai rata-rata 3,53 dengan kategori “Layak”, dan praktisi pembelajaran Akuntansi yang mendapat nilai rata-rata 4,13 dengan kategori “Sangat Layak”. Siswa berpendapat bahwa media menambah pemahaman tentang Akuntansi, menjadikan belajar lebih mandiri, teks dapat dibaca dengan baik, bahasa mudah dimengerti, tingkat kesulitan soal sesuai, mudah digunakan, dan dikemas dengan menarik. Kata Kunci : Catur Akuntansi, Media Pembelajaran, ADDIE