TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/15886/ ID - UNY15886 M1 - skripsi TI - KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DEKORASI KERAMIK PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KRIYA KERAMIK SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA AV - public KW - dekorasi keramik KW - kriya keramik KW - smk negeri 1 kalasan A1 - Sulistyo, Agung PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2015/02/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam pembelajaran dekorasi keramik pada kelas XI keramik SMK Negeri 1 Kalasan dengan fokus masalah adalah: 1) Faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas siswa; 2) Proses kreatif; dan 3) Kualitas kreativitas dekorasi keramik. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, baik yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif digunakan untuk proses kreatif dan faktor yang mempengaruhinya, sedangkan kuantitatif difokuskan pada kualitas kreativitas dekorasi keramik. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Uji validitas data dilaksanakan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif, dalam pelaksanaannya meliputi statistika deskriptif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1) Faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran dekorasi keramik terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal didasari oleh rendahnya motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran. Faktor eksternal dipengaruhi oleh konsep kebebasan yang diterapkan oleh guru, khususnya kurangnya peranan guru sebagai motivator, pembimbing, demonstrator, dan evaluator; serta sistem pembelajaran dekorasi keramik yang kurang kondusif untuk merangsang dan mengoptimalkan kreativitas siswa, khususnya pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. 2) Proses kreatif siswa berkarya dekorasi keramik dilaksanakan dengan kurang optimal. Proses tersebut meliputi tahap perencanaan desain motif dekorasi keramik yang dilakukan dengan motivasi yang rendah; tahap pembentukan badan keramik dengan teknik putar centering dilaksanakan dengan kurang maksimal; tahap pembentukan dekorasi keramik dimulai dengan perencanaan motif yang kurang dapat menimbulkan inspirasi motif yang orisinal; serta pada implementasi motif dekorasi keramik yang kurang optimal. 3) Kualitas kreativitas dekorasi keramik karya siswa kelas XI keramik SMK Negeri 1 Kalasan 2013/204 menunjukkan tingkat yang rendah; khususnya pada aspek orisinalitas dan kompleksitas. ER -