%0 Thesis %9 S1 %A Sari, Rizki Pradita %B Pendidikan Kimia %D 2011 %F UNY:15866 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PRAKTIKUM KOLOID TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2010/2011 %U http://eprints.uny.ac.id/15866/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: 1) peningkatan dan perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual, 2) perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual dengan yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan media audio visual, 3) perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual dengan yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan media audio visual jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI semester II SMA Negeri 1 Kutowinangun Kebumen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 120 peserta didik dan terbagi dalam tiga kelas. Sampel penelitian sebanyak 80 peserta didik, terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sama subjek, uji t beda subjek dan analisis kovarian (anakova) Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa: 1) ada peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual (p = 0,002), 2) tidak ada perbedaan (p = 0,725) motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual dengan yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan media audio visual, 3) tidak ada perbedaan (p = 0,507) prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual dengan yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan media audio visual jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media audio visual efektif dalam meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik, tetapi tidak efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik.