TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/15823/ ID - UNY15823 PB - PGSD Y1 - 2015/04/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak ?tunagrahita? di SDN Kepuhan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi lima anak tunagrahita ringan, sembilan anak tungrahita sedang, delapan guru kelas, 11 anak berkebutuhan khusus lainnya, dan 12 anak normal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan alat perekam. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita mampu menjalin interaksi sosial secara wajar dengan sesama tunagrahita, temannya yang normal, anak berkebutuhan khusus lainnya, maupun dengan guru di sekolah. Meskipun demikian, ada pula anak tunagrahita yang mengalami hambatan ketika melakukan interaksi sosial di sekolah. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru kelas untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak tunagrahita yaitu mengatur tempat duduk siswa secara berkelompok atau bentuk ?U?, meminta anak normal untuk mengajak anak tunagrahita bermain bersama, dan memberikan nasihat kepada siswa secara klasikal. Kata kunci: interaksi sosial, tunagrahita ringan, tunagrahita sedang TI - INTERAKSI SOSIAL ANAK ?TUNAGRAHITA? DI SDN KEPUHAN BANTUL (SD INKLUSIF) A1 - Triyani, - M1 - skripsi AV - public ER -