TY - THES TI - PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI GEDONGKIWO TAHUN AJARAN 2012/2013 PB - PGSD A1 - Siti, Maisaroh AV - public ID - UNY15822 Y1 - 2015/04/09/ UR - http://eprints.uny.ac.id/15822/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media grafis pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes obyektif pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Kesahihan dan kepercayaan instrument penelitian ini di peroleh melalui uji validasi product moment, uji reliabilitas cronbach alpha, uji daya beda dan indeks kesukaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu rerata dan penentuan kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media grafis dalam pembelajaran PKn dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu menganalisis indikator pembelajaran, merencanakan/memilih media grafis, mngemas/merancang penggunaan media grafis, dan mengoperasikan media grafis dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis deskriptif di peroleh peningkatan mean dari 81,12 pada pre-test menjadi 84,00 pada post-test. Rata-rata prestasi berada pada kategori baik sekali. Mean hasil observasi kesesuaian media grafis dalam pembelajaran PKn sebesar 83,3% termasuk dalam kategori baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa media grafis sesuai dengan minat dan karakteristik siswa serta relevan untuk di gunakan dalam pembelajaran PKn di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: media grafis, pembelajaran PKn, SD Negeri Gedongkiwo M1 - skripsi ER -