eprintid: 15820
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/01/58/20
datestamp: 2015-04-09
lastmod: 2019-01-29 20:36:43
status_changed: 2015-04-09 04:45:37
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Laeli, Haryati
title: KESULITAN-KESULITAN YANG DIHADAPI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS FATAHILAH KECAMATAN KARANGANYAR, PURBALINGGA
ispublished: pub
subjects: F4
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: public
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Fatahilah Kecamatan Karanganyar, Purbalingga.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Fatahilah Kecamatan Karanganyar, Purbalingga sebanyak 86 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model concurrent embedded dengan
metode kualitatif sebagai metode primer. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Siswa diberi tes berupa soal matematika bentuk cerita. Sebelum digunakan, soal terlebih dahulu diuji validitasnya. Setelah diperoleh data penelitian, peneliti menganalisis data penelitian tersebut menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 8 jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita.Kesulitan-kesulitan tersebut adalah (1) kesulitan dalam membaca, (2) kesulitan dalam memahami langkah menyelesaikan soal cerita, (3) kesulitan dalam menyusun kalimat pertanyaan, (4) kesulitan dalam membuat model penyelesaian, (5) kesulitan dalam membuat model penyelesaian dengan teknik bersusun pendek, (6) kesulitan dalam berhitung, (7) kesulitan mengubah model matematika, (8) kesulitan dalam menyusun kalimat kesimpulan. Dari kedelapan kesulitan tersebut, siswa paling banyak mengalami kesulitan dalammembaca khususnyadalam menentukan katakata
yang relevan dengan masalah (67,60%), dan kesulitan dalam menyusun kalimat pertanyaan yaitu menuliskan kalimat pertanyaan tanpa tanda tanya (?) (30,78%).


Kata kunci: kesulitan menyelesaikan soal, soal matematika bentuk cerita.
date: 2015-04-09
date_type: published
institution: PGSD
department: Fakultas Ilmu Pendidikan
thesis_type: skripsi
citation:   Laeli, Haryati  (2015) KESULITAN-KESULITAN YANG DIHADAPI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS FATAHILAH KECAMATAN KARANGANYAR, PURBALINGGA.  S1 thesis, PGSD.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/15820/1/Skripsi%20Laeli%20Haryati.pdf