%D 2011 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CHEMCARD DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 %A Ika Dewi Wulandari %X Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media chemcard sebelum dan sesudah pembelajaran, (2) ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (3) ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 153 peserta didik dan dibagi dalam lima kelas. Sampel penelitian sebanyak 61 peserta didik yang dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data prestasi belajar kimia dan data motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media chemcard sebelum dan sesudah proses pembelajaran, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2), dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media chemcard dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan chemcard, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan media chemcard berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar kimia tetapi tidak berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul kelas XI semester 2 tahun ajaran 2010/2011. %L UNY15676