%L UNY15645 %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap prestasi belajar kognitif IPS kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen. Variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar kognitif IPS, variabel bebas penelitian ini adalah metode karyawisata dan pembelajaran biasa menggunakan metode ceramah bervariasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sucen Jurutengah. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah simple random sampling dengan cara diundi yang didapatkan kelompok eksperimen adalah kelas IVA dan kelompok kontrol adalah kelas IVB. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, dan lembar observasi. Rumus teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar kognitif IPS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test skor peningkatan prestasi belajar pada taraf signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh thitung = 3,734. Nilai thitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai thitung = 3,734 > ttabel = 1,687, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan karena thitung > ttabel. Kelompok eksperimen memperoleh skor peningkatan prestasi belajar kognitif lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yaitu rata-rata skor peningkatan prestasi belajar kelompok eksperimen 18,00 dan kelompok kontrol 6,50. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode karyawisata membuat siswa aktif, dan senang dalam mengikuti pembelajaran sehingga prestasi belajar kognitif IPS siswa dapat tercapai dengan optimal. Kata kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Karyawisata, dan Prestasi Belajar. %A - Muchsin %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR %I PGSD %D 2015