relation: http://eprints.uny.ac.id/15642/ title: PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI GAMES PADA SISWA KELAS X SMK KRISTEN 2 KLATEN creator: Abdul Hadi, Abdul subject: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan description: Penelitian didasarkan pada kemampuan kerjasama siswa kelas X SMK Kristen 2 Klaten yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas X SMK Kristen 2 Klaten melalui games. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (action research class) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart, terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Siklus pertama dilaksanakan dengan tiga tindakan, see our feet 1, see our feet 2 dan writting games. Tindakan pada siklus kedua, yaitu blind dragon, the tallest building dan the longest tie. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kristen 2 Klaten dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen, yaitu angket kemampuan kerjasama, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode games dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas X SMK Kristen 2 Klaten. Peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil skor angket kemampuan kerjasama dan rata-rata skor pre test 121, 96, post test I 141,76 dan post test II 148,76. Hasil tersebut juga diperkuat dengan wawancara dan observasi adanya peningkatan kemampuan kerjasama diantara siswa dalam berkomunikasi, koordinasidan saling tukar informasi dengan baik. Kata kunci: Kemampuan kerjasama, games date: 2015-04-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/15642/1/SKRIPSI.pdf identifier: Abdul Hadi, Abdul (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI GAMES PADA SISWA KELAS X SMK KRISTEN 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.