%0 Thesis %9 S1 %A Rufaida, Siska Difki %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:15615 %I PGSD %T PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI MANGIRAN, KECAMATAN SRANDAKAN, KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/15615/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap sosial siswa menggunakan pendekatan Pakem pada pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Mangiran yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah sikap sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes sikap, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial siswa kelas VB SD Negeri Mangiran dapat mengembang setelah diberi tindakan menggunakan pendekatan PAKEM pada pembelajaran IPS. Hasil tes sikap pratindakan menunjukkan sikap sosial siswa kelas VB mencapai 66%. Pada siklus I meningkat menjadi 71% dan pada siklus II mencapai 84%. Pada siklus II sikap sosial siswa kelas VB SD Negeri Mangiran telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sikap sosial siswa mencapai kriteria baik atau ≥ 76%. Dengan demikian, penggunaan pendekatan PAKEM pada pembelajaran IPS dapat mengembangkan sikap sosial siswa kelas VB SD Negeri Mangiran. Kata kunci : sikap sosial, pendekatan PAKEM, IPS