@phdthesis{UNY15612, month = {April}, title = {HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH}, author = {Siti Rojabiyatun}, school = {PGSD}, year = {2015}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V SD se-gugus 2 kecamatan Pengasih kabupaten Kulon Progo. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Lokasi penelitian di SD gugus 2 kecamatan Pengasih. Populasi penelitian ini adalah 163 siswa kelas V SD se-gugus 2 kecamatan Pengasih. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan simple random sampling diperoleh sejumlah 115 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Analisis data menggunakan korelasi dengan uji normalitas dan linieritas data. Uji hipotesis dengan korelasi product-moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD se-gugus 2 kecamatan Pengasih. Hal ini ditunjukan dengan besar rhitung analisis data sebesar 0,486 dan rtabel pada taraf signifikan 5\% dengan N jumlah responden sebesar 115 sebesar 0,184. Signifikan karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,486{\ensuremath{>}}0,184, sehingga rhitung tersebut dapat berlaku pada populasi dimana sampel tersebut diambil. Sedangkan arah korelasi positif karena rhitung positif. Dengan demikian dapat dikatakan apabila motivasi belajar tinggi maka prestasi belajar IPS yang diperoleh siswa juga tinggi, sebaliknya apabila motivasi belajar rendah maka prestasi belajar IPS yang diperoleh siswa juga rendah. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, IPS.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/15612/} }