TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/15611/ ID - UNY15611 TI - UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA A1 - Setyawan, Arif Rommi PB - PGSD N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dengan menggunakan multimedia pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I dengan jumlah 28 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian adalah observasi dan angket karena itu diperlukan instrumen lembar observasi, observer, dan angket. Validitas instrument diproses melalui expert independent dari dosen ahli (judgement expert). Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila 80% dari jumlah siswa mencapai kriteria motivasi minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar IPS siswa mengalami peningkatan baik pada tindakan siklus I maupun siklus II. Pada siklus I terjadi peningkatan motivasi belajar IPS sebesar 75% dari 60,7% sebelum tindakan. Pada siklus II meningkat kembali sebesar 92,9% dari 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan multimedia pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta. Kata kunci: motivasi belajar IPS, multimedia pembelajaran Y1 - 2015/04/07/ AV - public M1 - skripsi ER -