%0 Thesis %9 S1 %A Jari, Yatun %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:15605 %I PGSD %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BRONGGANG KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/15605/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Bronggang Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaboratif, menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bronggang Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman sebanyak 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Pada nilai kemampuan awal mencapai rata-rata 60,85 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa (35%), mengalami kenaikan setelah siklus I dengan rata-rata mencapai 66,60 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa (45%) dan semakin meningkat pada siklus II dengan ratarata menjadi 76,08 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa (100%). Kata Kunci : keterampilan menulis narasi, media gambar seri.