TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/15580/ AV - public TI - PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA N 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 M1 - skripsi ID - UNY15580 A1 - Tsurayya, Nilats PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pendidikan sistemik dan konvensional jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 2 Yogyakarta yang berjumlah 238 peserta didik dan terbagi dalam 7 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu dua kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis T-test¬ dan analisis Anakova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (a) ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 di SMA N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik, (b) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 di SMA N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional, (c) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik kelas XI semester 2 di SMA N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, (d) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas XI semester 1 di SMA N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik dengan peserta didik yang mengikuti pembelajan konvensional, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik Kata Kunci : pendekatan sistemik, pendekatan konvensional, motivasi belajar, prestasi belajar Y1 - 2014/// ER -