%I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %L UNY15557 %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan majalah kimia materi Makromolekul sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA kelas XII, dan mengetahui kualitas majalah kimia tersebut berdasarkan penilaian 5 guru kimia. Prosedur pengembangan majalah kimia diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Majalah kimia mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Kualitas majalah kimia dinilai oleh 5 guru kimia SMA/MA di kabupaten Bantul. Penilaian dilakukan menggunakan kuesioner meliputi 5 aspek dan 39 kriteria. Hasil penilaian ditabulasikan dan dianalisis dengan standar kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas majalah kimia. Prosedur pengembangan majalah kimia meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Berdasarkan hasil penilaian oleh 5 guru kimia, majalah kimia ini memperoleh skor rata-rata 167,8 (X ̅>156), sehingga dikategorikan sangat baik (SB). Dengan demikian, majalah kimia yang berisi materi Makromolekul dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA kelas XII. Kata Kunci: majalah kimia, makromolekul, pengembangan, sumber belajar mandiri %T PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XII %D 2014 %A Sukoco Indra Setiaji