%K keterampilan menulis surat, Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) %A Harni Purwaningsih %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas IV SDN Keceme 1 Sleman dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Keceme 1. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes menulis surat pribadi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi penggunaan CTL dalam pembelajaran menulis surat pribadi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes menulis surat pribadi. Hasil observasi pendekatan CTL dalam menulis surat pribadi menunjukkan bahwa siswa dapat mengungkapkan pendapat dan pengalamannya secara lisan dan tertulis dengan gaya bahasa yang komunikatif. Siswa lebih aktif bertanya, bersedia melaporkan dan menanggapi hasil kerja kelompok dengan inisiatifnya sendiri, serta lebih memperhatikan dan konsentrasi dalam pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dicapai melalui dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan, dari 26 siswa hanya ada empat siswa yang mencapai nilai KKM 70, nilai rata-rata 60,90. Pada siklus I keterampilan menulis surat pribadi ada 20 siswa yang sudah mencapai nilai KKM, nilai rata-rata 79,33. Pada siklus II keterampilan menulis surat pribadi meningkat, yaitu ada 24 siswa yang sudah mencapai nilai KKM, nilai rata-rata 83,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 92%. %L UNY15539 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN KECEME 1 KECAMATAN SLEMAN, YOGYAKARTA %I PGSD %D 2013