TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/15531/ AV - public TI - KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN LECTURE BINGO (LB) PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 ID - UNY15531 M1 - skripsi PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam A1 - Rahmawati, Fitria Y1 - 2014/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran Group Investigation dan Lecture Bingo pada materi laju reaksi terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta menentukan model pembelajaran yang lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasy experiment nonequivalent groups. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 140 siswa dan terbagi dalam empat kelas. Sampel penelitian berjumlah 67 siswa yang terbagi dalam dua kelas eksperimen, untuk Group Investigation dan Lecture Bingo, yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data pengetahuan awal kimia dari data dokumentasi, data aktivitas belajar dari observasi, dan hasil belajar dari tes menggunakan 30 soal pilihan ganda. Data ini kemudian dianalisis menggunakan statistik nonparameterik, Kruskal-Wallis dengan SPSS 16 for Windows. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik antara model Group Investigation dan Lecture Bingo pada materi laju reaksi, serta penerapan model Group Investigation lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar daripada model Lecture Bingo pada materi laju reaksi. Kata kunci: aktivitas belajar, Group Investigation, hasil belajar , Lecture Bingo. ER -