TY - THES PB - PGSD A1 - Kurniawati, Desy Arinda N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SDN I Krajan, Jatinom, Klaten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Krajan Jatinom dengan jumlah sebesar 35 siswa. Desain penelitian penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif. Keberhasilan pencapaian indikator hasil siswa adalah 75% siswa yang tuntas mencapai KKM. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa SDN I Krajan Jatinom. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa setelah adanya tindakan siklus I dan siklus II. Keterampilan menulis siswa melalui pembelajaran kontekstual setelah tindakan siklus II sebesar 9,92 (dengan kondisi awal 61,14 meningkat menjadi 71,06). Peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa setelah tindakan siklus II sebesar 60%. Kata kunci : menulis karangan deskripsi, pembelajaran kontekstual Y1 - 2015/04/07/ UR - http://eprints.uny.ac.id/15521/ M1 - skripsi ID - UNY15521 AV - public TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN I KRAJAN JATINOM ER -