TY - THES TI - ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT NEMIROFF VODKA PADA VIDEO MUSIK LADY GAGA ?BAD ROMANCE? ANALYSIS OF AUDIENCE ATTITUDE TOWARDS PRODUCT PLACEMENT NEMIROFF VODKA IN LADY GAGA'S MUSIC VIDEO "BAD ROMANCE" AV - public ID - UNY15508 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/15508/ Y1 - 2014/// N2 - ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT NEMIROFF VODKA PADA VIDEO MUSIK LADY GAGA ?BAD ROMANCE? ANALYSIS OF AUDIENCE ATTITUDE TOWARDS PRODUCT PLACEMENT NEMIROFF VODKA IN LADY GAGA'S MUSIC VIDEO "BAD ROMANCE" Oleh: Yolanda Agustina Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Email: y_agustina88@ymail.com Nurhadi, M.M Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Attention audience terhadap product placement pada musik video Lady Gaga ?Bad Romance?, (2) Acceptance audience terhadap product placement pada musik video Lady Gaga ?Bad Romance?, (3) Reference audience terhadap product placement pada musik video Lady Gaga ?Bad Romance?, (4) Ethic and Regulation audience terhadap product placement pada musik video Lady Gaga ?Bad Romance?, (5) Pengaruh music video enjoymentaudience pada sikap terhadap product placement dalam musik video Lady Gaga ?Bad Romance?, (6) Pengaruh jenis kelamin audience pada sikap audience terhadap product placement dalam musik video Lady Gaga ?Bad Romance?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei dan instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswaUNY yang tidak asing dan pernah melihat video Lady Gaga ?Bad Romance?. Sampel sebanyak 138 responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Uji validitas menggunakan CFA sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Sikap audience terhadap product placement Nemiroff Vodka yang mereka lihat dalam video musik Lady Gaga semua masuk pada kategori sedang, Hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif dan kategorisasi yang telah dilakukan, (2) Terdapat perbedaan sikap audience terhadap product placement dalam video musik berdasarkan pada tingkat music video enjoyment yang dirasakannya. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi pada dimensi sikap audience terhadap product placement yang terdiri dari dimensi Attention memiliki signifikansi sebesar 0,000; dimensi Acceptance memiliki signifikansi sebesar 0,000; dimensi References memiliki signifikansi sebesar 0,000; dan dimensi Ethic and Regulation memiliki signifikansi sebesar 0,000, (3) Terdapat perbedaan sikap audience terhadap product placement dalam film berdasarkan jenis kelamin audience. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi pada dimensi sikap audience terhadap product placement yang terdiri dari dimensi Attention memiliki signifikansi sebesar 0,000; dimensi Acceptance memiliki signifikansi sebesar 0,010; dimensi References memiliki signifikansi sebesar 0,020; dan dimensi Ethic and Regulation memiliki signifikansi sebesar 0,008. PB - Fakultas Ekonomi A1 - Agustina Yolanda, Yolanda ER -