TY - THES PB - Fakultas Ekonomi A1 - Purnama James, James Y1 - 2014/// N2 - PENGARUH PRODUK RAMAH LINGKUNGAN, ATRIBUT MEREK HIJAU, IKLAN PEDULI LINGKUNGAN DAN PERSEPSI HARGA PREMIUM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AMDK THE EFFECT OF GREEN PRODUCT, GREEN BRAND ATTRIBUTE, GREEN ADVERTISING AND PREMIUM PRICE PERCEPTION ON PURCHASING DECISION OF MINERAL BOTTLED WATER Oleh: James Purnama Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Email: james_purnama@yahoo.com Nurhadi, M.M Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh produk ramah lingkungan terhadap keputusan pembelian produk AMDK, (2) pengaruh atribut merek hijau terhadap keputusan pembelian produk AMDK, (3) pengaruh iklan peduli lingkungan terhadap keputusan pembelian produk AMDK, (4) pengaruh persepsi harga premium terhadap keputusan pembelian produk AMDK, dan (5) pengaruh produk ramah lingkungan, atribut merek hijau, iklan peduli lingkungan dan persepsi harga premium terhadap keputusan pembelian produk AMDK. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei dan instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi UNY yang pernah membeli produk Ades kurun waktu Januari-Desember 2013. Sampel sebanyak 100 responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Uji validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk ramah lingkungan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk AMDK dengan nilai t hitung (0,822) < t tabel (1,984) dan tingkat signifikansi 0,413 > 0,05; (2) atribut merek hijau tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk AMDK dengan nilai t hitung (1,406) < t tabel (1,984) dan tingkat signifikansi 0,163 > 0,05; (3) iklan peduli lingkungan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk AMDK dengan nilai t hitung (4,523) > t tabel (1,984) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, (4) persepsi harga premium berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk AMDK dengan nilai t hitung (4,957) > t tabel (1,984) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, dan (5) produk ramah lingkungan, atribut merek hijau, iklan peduli lingkungan dan persepsi harga premium secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk AMDK dengan nilai F hitung (33,097) > F tabel (2,46) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. UR - http://eprints.uny.ac.id/15485/ AV - public TI - PENGARUH PRODUK RAMAH LINGKUNGAN, ATRIBUT MEREK HIJAU, IKLAN PEDULI LINGKUNGAN DAN PERSEPSI HARGA PREMIUM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AMDK THE EFFECT OF GREEN PRODUCT, GREEN BRAND ATTRIBUTE, GREEN ADVERTISING AND PREMIUM PRICE PERCEPTION ON PURCHASING DECISION OF MINERAL BOTTLED WATER M1 - skripsi ID - UNY15485 ER -