@phdthesis{UNY15468, author = {Yulia Mayasari}, title = {PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SD SAMBIKEREP KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL}, month = {April}, year = {2015}, school = {PGSD}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Sambikerep, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul melalui penggunaan media Mind Map. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Sambikerep yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan II. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes menulis karangan deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media Mind Map dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Sambikerep, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul tahun ajaran 2012/2013. Hasil analisis data mengenai penerapan media Mind Map mengalami peningkatan dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 8,23 (pra tindakan rata-rata nilai 58,57 menjadi 66,80) dengan persentase ketuntasan sebesar 61\% (kondisi awal 10\% menjadi 71\%) dan peningkatan pada siklus II sebesar 11,48 (siklus I 66,80 menjadi 78,38) dengan persentase peningkatan sebesar 19\% (siklus I 71\% menjadi 90\%). Kata kunci : keterampilan menulis karangan deskripsi, media Mind Map, SD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/15468/} }