TY - THES ID - UNY15458 Y1 - 2015/04/06/ UR - http://eprints.uny.ac.id/15458/ M1 - skripsi PB - PGSD A1 - Isdiyono, - TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ALAT PERAGA SEDERHANA MENGGUNAKAN STRATEGI INQUIRY-DISCOVERY DAN STRATEGI DIRECT READING-THINKING ACTVITIES UNTUK KELAS 5 SEKOLAH DASAR AV - public N2 - Permasalahan pemahaman materi IPA, media yang terbatas dan strategi pembelajaran yang kurang inovatif sering menjadi kendala dalam proses menemukan pengetahuan siswa. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian untuk mengukur efektivitas bahan ajar IPA bermediakan alat peraga sederhana menggunakan strategi inquiry-discovery dan strategi Direct Reading-Thinking Activities. Penelitian ini berbentuk penelitian pengembangan (research and development) yang dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2012. Langkah-langkah yang dilaksanakan merupakan adaptasi dari pengembangan model Ploom yaitu: 1.) investigasi awal, 2.) penyusunan desain, 3.) konstruksi penelitian dan 4.) tes, evaluasi dan revisi hasil penelitian. Pengukuran efektivitas bahan ajar diukur berdasarkan hasil evaluasi kerja LKS dan evaluasi akhir. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan bahan ajar yang dikembangkan adalah berupa Subject-Specify Pedagogy (SSP) yang di dalamnya memuat pengemasan materi bidang studi menjadi perangkat pembelajaran yang mendidik yang komprehensif dan solid yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode, strategi, fase, media, serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas bahan ajar dengan rerata hasil LKS1 dan LKS 2 dengan skor 8,5 (baik), 8,34 (baik) dan 8,35 (baik). Sedangkan hasil evaluasi akhir menunjukkan nilai 7,25 (baik) untuk ujicoba perorangan, 8,62 (sangat baik) untuk ujicoba kelompok kecil dan 7,25 (baik) kelompok besar. Kata kunci : bahan ajar IPA, strategi inquiry-discovery, strategi Direct Reading Thinking Activities ER -