@phdthesis{UNY15442, month = {April}, author = {Ikhwantoro Danung}, title = {PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD GLAGAHAN CATURHARJO PANDAK BANTUL}, school = {PGSD}, year = {2015}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Glagahan, Caturharjo, Pandak, Bantul Tahun Ajaran 2012/2013 yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup keterampilan menyimak/mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV yang berjumlah 22 orang. Objek yang diteliti yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data digunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada setiap pembelajaran dilakukan pengamatan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga alur yang bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Glagahan Caturharjo Pandak Bantul kurang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, karena pembelajaran berpedoman dari buku paket yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Pada awal pembelajaran tidak melakukan apersepsi maupun penyampaian tujuan pembelajaran. Dalam menyampaikan materi, guru tidak pernah menggunakan media. Hal ini terbukti pada pembelajaran mendengarkan, membaca, maupun menulis guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Pada akhir pembelajaran guru jarang melakukan refleksi dan melaksanakan tindak lanjut. Kata kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, kelas IV SD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/15442/} }