%0 Thesis %9 S1 %A Liswahyuningsih, Etik %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:15429 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY %U http://eprints.uny.ac.id/15429/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia kelas XI semester 1 berbasis inquiry science laboratory yang dapat digunakan sebagai buku acuan guru dan siswa dalam pembelajaran kimia di laboratorium, (2) mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum kimia kelas XI semester 1 berbasis inquiry science laboratory berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Pengembangan ini melalui beberapa tahap antara lain perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Penilaian dilakukan oleh guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 30 indikator penilaian. Delapan aspek penilaian yang digunakan meliputi penulisan dan organisasi buku, kebenaran konsep, kedalaman materi, kejelasan dan tingkat keterbacaan, muatan inquiry science laboratory, keterlaksanaan kegiatan praktikum, penilaian hasil belajar, dan tampilan fisik buku. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia. Produk penelitian ini berupa buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas XI semester 1 berbasis inquiry science laboratory. Model pengembangan buku petunjuk praktikum ini diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor 133,65 dan persentase keidealan sebesar 89.1%. Kata kunci: pengembangan, petunjuk praktikum, inquiry science laboratory, penyelidikan