%0 Thesis %9 S1 %A Indriyani, Novika %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:15416 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Baterai Untuk Peserta Didik SMA/MA %U http://eprints.uny.ac.id/15416/ %X Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pengayaan kimia baterai untuk peserta didik SMA/MA sesuai dengan kriteria buku pengayaan pengetahuan yang baik dan menentukan kualitas buku pengayaan kimia baterai untuk peserta didik SMA/MA berdasarkan penilaian 6 guru kimia SMA/MA ditinjau dari aspek kelayakan isi/materi, penyajian, serta keterbacaan yang diamati dari bahasa dan gambar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural, yang meliputi tahap perencanaan; pengorganisasian; pelaksanaan; penilaian produk; dan revisi. Produk awal buku pengayaan diberi masukan oleh 3 peer reviewer dan ahli media, serta ahli materi. Kualitas buku dinilai oleh 6 reviewer dengan mengisi angket penilaian yang berisi tiga komponen, yaitu kelayakan materi/isi, penyajian, dan keterbacaan (bahasa dan gambar). Hasil penelitian ini berupa buku pengayaan kimia baterai dengan kualitas Baik (B) pada komponen materi/isi, Sangat Baik (SB) pada komponen penyajian, dan Sangat Baik (SB) pada komponen keterbacaan (bahasa dan gambar). Secara keseluruhan, kualitas buku pengayaan kimia baterai adalah Sangat Baik (SB), dengan demikian buku pengayaan tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik SMA/MA kelas XII. Kata kunci: sumber belajar, buku pengayaan kimia, elektrokimia, sel Volta, baterai