%0 Thesis %9 S1 %A Rahtamaji, Arif %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:15408 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUNTING GILANGHARJO PANDAK BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/15408/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif siswa kelas IV SD Gunting Gilangharjo Pandak Bantul melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gunting Gilangharjo Pandak Bantul tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 28 siswa. Objek penelitiannya adalah meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD Gunting Gilangharjo Pandak Bantul menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dua siklus. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar siswa rendah, banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (6,5). Terdapat peningkatan nilai siswa dari sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Sebelum diberikan tindakan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM ada 17 siswa (60%) dan yang mendapatkan nilai mencapai KKM ada 11 siswa (40%). Setelah diberikan tindakan yaitu siklus I, yang mendapat nilai dibawah KKM ada 13 siswa (46%) dan yang mendapatkan nilai mencapai KKM ada 15 siswa (54%), terjadi peningkatan (14%) siswa yang mendapat nilai mencapai KKM, dari (40%) menjadi (54%). Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II, yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 5 siswa (18%), sedangkan yang mendapat nilai mencapai KKM ada 23 siswa (82%). Kata kunci : hasil belajar, Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), SD Gunting Gilangharjo Pandak Bantul