%0 Thesis
%9 S1
%A Anggar Rini, Sulistyaningsih
%B Fakultas Ilmu Pendidikan
%D 2015
%F UNY:15375
%I PG PAUD
%T MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MENGGUNAKAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUJONSARI PURWOMARTANI KALASAN
%U http://eprints.uny.ac.id/15375/
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak menggunakan  metode bercerita  pada anak Kelompok  B TK Aisyiyah  Bustanul Athfal Kujonsari Purwomartani Kalasan.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif.  Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian   ini  adalah  16  anak  Kelompok   B  TK  Aisyiyah   Bustanul   Athfal Kujonsari  Purwomartani  Kalasan,  yang  terdiri  dari  lima  anak  laki-laki  dan  11 anak   perempuan.   Objek   penelitian   pada   penelitian   ini   adalah   kemampuan menyimak.  Metode pengumpulan  data dilakukan  melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.   Indikator   keberhasilan   penelitian   ini   apabila   ≥80%   anak   telah mencapai kriteria berkembang sangat baik.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak. Dapat dilihat dari peningkatan hasil persentase kemampuan menyimak anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik pada pra tindakan sebesar 18,75%, pada Siklus  I meningkat  menjadi  50%,  dan pada Siklus  II meningkat  menjadi  87,5%.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  metode  bercerita  dapat meningkatkan  kemampuan  menyimak  pada  anak  Kelompok  B  TK  Aisyiyah Bustanul Athfal Kujonsari,   terlihat dari persentase kemampuan menyimak menunjukkan  yang  ≥80%  anak  berhasil  mencapai  kriteria  berkembang  sangat baik.  Proses  pelaksanaan  menggunakan  metode  bercerita  adalah  anak mendengarkan   cerita,   anak   menjawab   pertanyaan   terkait   isi   cerita,   anak menceritakan kembali isi cerita, dan anak menanggapi cerita.          Kata   kunci:   kemampuan   menyimak,   metode   bercerita,   anak   kelompok   B