%0 Thesis %9 S1 %A JANAH, ANITA SARIFATKUL %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:15370 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/15370/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model problem based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL dengan peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran dengan model PBL di SMA Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Semester 2 di SMA N 2 Sleman tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi 96 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas dengan jumlah masing-masing per kelas 32 peserta didik. Sampel penelitian ini terbagi dalam dua kelas yakni kelas eksperimen (XB) dan kelas kontrol (XA) yang diambil secara purpossive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia peserta didik, data motivasi peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran yang dianalisis dengan uji t-sama subjek dan uji t-beda subjek, dan data prestasi kimia peserta didik yang dianalisis dengan uji anakova. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibanding kelas yang dalam proses pembelajarannya tanpa menggunakan model pembelajaran PBL. Oleh karena itu model pembelajaran PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik. Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning.