%0 Thesis %9 S1 %A Kabara, ChrysandOktarianAndrean %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:15367 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR KIMIA BILINGUAL (INDONESIA-INGGRIS) BERBASIS WEBSITE MATERI TERMOKIMIA DAN LAJU REAKSI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA %U http://eprints.uny.ac.id/15367/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan SumberBelajar Mandiri Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) BerbasisWebsite Materi Termokimia dan LajuReaksi untuk Peserta Didik SMA / MA dan mengetahui kualitas Sumber Belajar Mandiri Kimia yang telah disusun berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah model procedural yang meliputi tahap perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian produk. Produk awal Sumber Belajar Mandiri Kimia ini ditinjau dan diberi masukan oleh 3 peer reviewer. Kualitas Sumber Belajar Mandiri Kimia dinilai oleh 5 guru kimia SMA selaku reviewer dengan mengisi angket penilaian yang mencakup 5 aspek penilaianyaitu 1) aspek pemanfaatani nformasi; 2) aspek deskripsi; 3) aspek tampilan; 4) aspek kebahasaan dan 5) aspek kemudahan pengoperasian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala lima, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Sumber Belajar Mandiri Kimia. Produk penelitian ini berupa Sumber Belajar Mandiri Kimia materi Termokimia dan Laju Reaksi untuk Peserta Didik SMA/MA. Berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA, Sumber Belajar Mandiri Kimia yang disusun nilai rata-rata 89,2 dari nilai maksimal 105 sehingga memiliki kualitas sangat baik (SB) dan memiliki persentase keidealan 84,95%. Website Sumber Belajar Mandiri Kimia layak digunakan sebagai sumber belajar.