%0 Thesis %9 S1 %A Rr. Nanda Puspa Saputri, Nanda %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2015 %F UNY:15365 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA %U http://eprints.uny.ac.id/15365/ %X Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri akademik dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini yaitu 425 siswa, dan sampelnya sebanyak 197 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan modifikasi metode skala likert dan hasil akumulasi rapor semester gasal dan genap siswa kelas XI. Ujicoba instrumen menggunakan uji validitas dengan hasil 66 butir angket yang dinyatakan valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh nilai koefisien alpha sebesar 0,953. Teknik menguji hipotesis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Purbalingga. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi antara efikasi diri akademik dengan prestasi belajar (ݎ௫௬ ) sebesar 0,205 dengan nilai signifikan 0,004. Dengan demikian ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan prestasi belajar, ini berarti semakin tinggi efikasi diri akademik maka semakin tinggi prestasi belajar. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,042 dapat diartikan bahwa efikasi diri akademik memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sebesar 4,2%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat 14,7% siswa memiliki nilai efikasi diri akademik tinggi, 69,6% sedang, dan 15,7% rendah. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar sebesar 4,1% memiliki nilai prestasi belajar sangat tinggi, 19,9% tinggi, 35,5% sedang, 23,4% rendah, dan 7,1% sangat rendah. Kata kunci: efikasi diri akademik, prestasi belajar